Semua informasi tentang teknologi, kesehatan dan berita terbaru.

Penjelasan Apa Itu Hidroponik LENGKAP

Penjelasan Apa Itu Hidroponik LENGKAP - Baru-baru ini saya lagi tertarik dengan cara bercocok tanam hidroponik dan sudah memesan paket bertanam untuk pemula hidroponik di marketplace online. Hidroponik berasal dari bahasa Yunani, Hydroponic. Dibagi menjadi dua suku kata, hydro yang berarti air dan ponous berarti kerja. Sesuai dengan arti tersebut, bertanam secara hidroponik merupakan teknologi bercocok tanam yang menggunakan air, nutrisi, dan oksigen.

Penjelasan Apa Itu Hidroponik LENGKAP

Tak jarang bertanam hidroponik dijadikan hobi pengisi waktu luang bagi sebagian orang. Bahkan tak sekedar hobi, ada juga kemudian yang melanjutkan hingga menjadi bisnis. Perbedaan yang paling menonjol antara hidroponik dan budi daya konvensional adalah penyediaan nutrisi tanaman. Pada budi daya konvensional, ketersediaan nutrisi untuk tanaman sangat bergantung pada kemampuan tanah menyediakan unsur – unsur hara dalam jumlah cukup dan lengkap. Hidroponik biasa digunakan untuk menanam sayur dan buah. Bahkan beberapa tanaman sayur dan buah telah umum ditaman secara hidroponik seperti paprika, timun, tomat, dan sayuran hijau.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. - Sumber id.wikipedia.org

Hidroponik ini merupakan teknologi masa depan yang mana nantinya sulitnya mencari tanah untuk bercocok tanam dan bertanam secara hiroponik sekarang ini sedang menjadi trend di perkotaan di mana kita bisa menanam apa saja di sekeliling rumah walaupun sempit. Bertanam menggunakan tehnik hidroponik ini sangat mudah asalkan ada air, sedikit cahaya matahari pagi dan tempat untuk tanaman tersebut, tanaman akan tumbuh dengan subur.

Hidroponik sendiri dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu sistem aktif dan sistem pasif. Hidroponik sistem aktif yaitu diamana larutan air beserta nutrisi dibuat bergerak dan bersirkulasi dengan menggunakan pompa air. Contohnya adalah DFT (Deep Flow Technique), NFT (Nutrient Film Technique), dan Aeroponik. Sedangkan hidroponik sistem pasif yaitu larutan kaya nutrisi diserap oleh medium dan diteruskan ke akar tanaman, tanpa tersirkulasi. Contoh sistem hidroponik pasif antara lain Wick (Sumbu).

Tanaman yang menggunakan hidroponik dapat di tanam menggunakan pot, wadah, pipa pvc atau botol bekas dengan menggunakan air dan bahan lainnya berupa kerikil, pecahan genteng pasir, pecahan batu ambang, sabut kelapa, busa, gerabah gergaji dan lain sebagainya sebagai media penanaman. Perlu di ketahui manfaat menggunakan media ini sangatlah besar seperti sebagai berikut :
  1. Tanaman lebih tahan dan kuat terhadap hama dan penyakit.
  2. Produksi tanaman lebih jauh lehih tinggi.
  3. Tanaman lebih cepat tumbuh dan berkembang.
  4. Pemupukan yang di gunakan lebih efektif dan efesien.
  5. Tanaman memberikan hasil yang kontinu.
  6. Lebih mudah dalam perawatan dan juga tidak membutuhkan tenaga lebih besar.
  7. Dapat di lakukan di tempat yang luas atau terbatas.
  8. Tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Berikut beberapa contoh jenis tanaman yang dapat di gunakan dalam media hidroponik. Jenis tanaman yang di gunakan dengan media hidroponik
  • Sayuran : selada, sawi, pakshoi, tomat, wortel, aspragus, brokoli, cabai, seledri, bawang merah, bawang putih, bawang daun dan lain-lainnya.
  • Tanaman buah-buahan : melon, tomat, mentimun, semangka, strawberry, paprika dan lain-lainnya.
  • Tanaman hias: krisan, gerberra, angrek, kaladium, kaktus dan lain-lainnya.
Demikianlah penjelasan apa itu hidroponik secara lengkap dan manfaatnya semoga informasi ini bermanfaat dan selamat bercocok tanam.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Terbaru Terhangat Terupdate

Diberdayakan oleh Blogger.