Semua informasi tentang teknologi, kesehatan dan berita terbaru.

7 Cara Merawat Aki Kering Agar Berumur Panjang dan Cara Memperbaikinya

7 Cara Merawat Aki Kering Agar Berumur Panjang dan Cara Memperbaikinya – Saya baru saja mengganti aki motor dari aki basah ke aki kering kata paman bengkelnya lebih awet aki kering ketimbang aki basah, jadi saya putuskan untuk memilih aki kering dan semoga berumur panjang. Sebab sebelumnya saya sudah 3 kali ganti aki basah dalam kurun waktu 5 tahun.

7 Cara Merawat Aki Kering Agar Berumur Panjang dan Cara Memperbaikinya

Aki basah itu berisi cairan Asam Sulfat (H2SO4) dan aki basah memerlukan perawatan khusus yaitu menambahkan cairan kedalam aki secara berkala hingga batas maksimal. Jika arus aki mulai lemah maka perlu di charge ulang menggunakan alat charge khusus aki. Aki basah juga beresiko membuat body motor ataupun baut di sekitarnya berkorosi karena terkena air aki.

Aki kering adalah aki yang bebas perawatan dan didalamnya mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit, gel ini memiliki sifat yang sulit menguap dan apabila menguap pun uapnya akan kembali ke dalam wadah aki lagi. Jadi aki kering tidak perlu perawatan khsus atau perawatan berkala seperti mengisi air ke dalam aki. Arus aki kering juga lebih besar jika di bandingkan dengan aki basah. Aki kering lebih panjang umur dan tahan lama.

Kali ini saya akan share beberapa tips cara merawat aki kering agar berumur panjang :

Panaskan kendaraan setiap hari dipagi hari minimal 5-10 menit sebelum di gunakan, ini bertujuan untuk membuat mesin motor awet dan juga membuat aki tetap stabil.

Jangan menggunakan aksesoris tambahan seperti lampu kerlap-kerlip atau klakson besar karena itu semua membutuhkan arus besar dan akhirnya akan memperpendek usia aki.

Jangan memaksa electric stater jika motor sulit hidup, minimal 5 kali coba. Terlebih lagi jika lama di tinggal liburan, sebaiknya coba hidupkan motor dengan menggunakan kick stater hingga mesin hidup normal setelah itu baru gunakan electric stater.

Persering menggunakan electric stater namun jika mesin baru akan digunakan misalnya pagi hari setelah semalaman didiamkan baiknya menggunakan kick stater untuk menyalakan karena kick stater turut membantu penyebaran oli mesin ke semua bagian mesin motor.

Periksa kabel yang terhubung ke aki agar tetap dalam kondis bersih dan pastikan juga baut maupun mur dalam keadaan kencang. Ini bertujuan agar kabel terminal yang ke aki tidak mudah keropos, berikan juga sedikit pelumas rantai pada terminal kutub – dan kutub +.

Kondisi jalan yang bergelombang / banyak rusak juga turut mempengaruhi umur aki. Motor yang di bawa pada jalan mulus terus memiliki aki yang lebih awet ketimbang dengan motor yang di bawa pada medan bergelombang, batu-batu dan rusak. Alangkah baiknya jika motor di bawa pada jalan rusak di bawa dengan pelan-pelan jangan ngebut, kalau ingin aki awet.

Kekencangan angin ban juga harus di perhatikan, ketika ban terlalu kencang saat melewati jalan rusak akan menimbulkan getaran yang berlebihan. Jika ban terlalu kencang kempeskan sedikit.

Harga aki kering motor di tempat saya baru-baru ini adalah 200.000 plus 5.000 ongkos pasangnya jadi total 205.000.

Umur aki kering motor tahan berapa lama ?

Berdasarkan cerita dari paman bengkelnya dan cerita dari teman-teman yang sudah lama menggunakan aki kering juga kata mereka paling kuat 6 tahun tergantung dengan perawatan si pemilik motor juga.

Aki kering motor yang bagus dan sudah banyak mendapat testimoni positif dari penggunanya adalah aki kering merk GS, saya juga memakai aki kering merk tersebut.

Cara memperbaiki aki kering yang rusak atau soak, meskipun aki kering bebas perawatan namun ada masanya juga aki kering tersebut menunjukkan gejala-gejala hampir mati / tidak berfungsi lagi, biasaya di atas umur 5 tahun dan kebanyakan orang tidak tahu kalalu aki kering yang soak itu bisa di perbaiki.

Berikut beberapa peralatan untuk memperbaiki aki kering yang rusak atau soak :

  • Obeng min
  • Suntikan bekas
  • Air aki accu zuur (tutup botol merah)

Cara memperbaiki aki kering :

  1. Lepaskan aki kering terlebih dahulu dari motor
  2. Buka paksa tutup aki menggunakan obeng, biasanya kuat karena menggunakan lem
  3. Isi air aki accu zuur kedalam aki menggunakan suntikan hingga terlihat di lobang
  4. Pasang kembali lagi seperti semula, tutup rapat dan lem kembali aki
  5. Pasang ke motor seperti semula dan coba nyalakan motor

Jika cara di atas tidak berfungsi, baru membeli aki baru. Jadi jangan membeli aki baru sebelum mencoba cara di atas. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Terbaru Terhangat Terupdate

Diberdayakan oleh Blogger.