Semua informasi tentang teknologi, kesehatan dan berita terbaru.

Cara Mudah Membuat Cocopeat Sederhana

Cara Mudah Membuat Cocopeat Sederhana – Cara membuat media tanam cocopeat sebenarnya sangat mudah, cocopeat adalah salah satu media tanam hiroponik yang sangat populer dan di Indonesia serabut kelapa sangat mudah ditemukan karena melimpahnya pohon kelapa di negara ini yang tumbuh di semua daerah.

Cara Mudah Membuat Cocopeat Sederhana

Cocopeat terbuat dari sabut kelapa yang diolah hingga berbentuk kotak-kotak dan siap pakai untuk media tanam. Cocopeat dimanfaatkan sebagai media tanam karena memiliki daya serap air yang baik, mampu menetralkan air, mempu menahan unsur kimia dari pupuk dan mampu menetralkan kondisi keasaman tanah maka dari itu cocopeat sangat baik digunakan sebagai media tanam.

Berikut langkah sederhana dan mudah untuk membuat cocopeat :

Bahan yang diperlukan adalah sabut kelapa 5 Kg ke atas, mesin pengayak dan mesin pengepres.

Pertama keringkan / jemur terlebih dahulu sabut kelapa untuk mengurangi kada air hingga 15%. Jika kadar air dalam sabut kelapa sudah berkurang selanjutnya dimasukkan kedalam mesin pengayak untuk menghasilkan serbuk kelapa.

Ada 2 serbuk kelapa yang dihasilkan yaitu yang kasar dan yang halus. Biasanya yang diambil untuk dibuat cocopeat adalah serbuk yang halus atau sering di sebut dust.

Untuk pembuatan cocopeat dalam bentuk balok dipadatkan menggunakan alat pengepres dan apabila anda ingin menjualnya bisa dikemas dengan plastik agar tampilan lebih menarik dan rapi.

Sebelum penggunaan cocopeat sebagai media tanam tambahkan air secukupnya terlebih dahulu agar cocopeat mengembang dan mengurai.

Kekurangan cocopeat adalah kandungan nutrisinya terbilang rendah jadi dalam penggunaanya media tanam cocopeat ini perlu di tambah nutrisi agar tumbuhan tidak kekurangan nutrisi.

Demikian cara mudah membuat cocopeat sederhana, anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan salam sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Terbaru Terhangat Terupdate

Diberdayakan oleh Blogger.