Semua informasi tentang teknologi, kesehatan dan berita terbaru.

Cara Mudah Menanam Tanaman Secara Hidroponik Di Pekarangan Rumah

Cara Mudah Menanam Tanaman Secara Hidroponik Di Pekarangan Rumah – Hidroponik merupakan cara bercocok tanam dengan memanfaatkan air tapa tanah. Hidroponik merupakan salah satu cara efisien bagi warga atau ibu rumah tangga yang tidak memiliki banyak tanah kosong namun ingin tetap menyalurkan hobi berkebun. Terlebih lagi di daerah perkotaan sangat jarang sekali rumah yang memiliki pekarangan yang luas.

Cara Mudah Menanam Tanaman Secara Hidroponik Di Pekarangan Rumah

Banyak keuntungan yang didapat dari bertanam tanaman secara hidroponik yaitu tidak memerlukan tanah, mudah mengendalikan nutrisi untuk tanaman, pemberian nutrisi lebih efisien, penggunaan air lebih hemat, tidak menghasilkan polusi terhadap lingkungan, steril, juga bersih, mudah memanen dan hasilnya lebih banyak.

Jika tanaman yang ditanam adalah tanaman hias maka peletakan pot dan tanaman juga bersih lebih mudah merancang interior ruangan dalam rumah atau luar rumah.

Cara mudah menanam tanaman secara hidroponik adalah dengan sistem wick / sumbu :

Persiapkan botol bekas plastik yang besar lebih baik. Siapkan solder / paku, gunting / cutter, media tanam, bibit, pupuk nutrisi, air dan kain untuk sumbu.

Potong botol bekas air menjadi 2 bagian lalu lubang bagian atas botol dengan menggunakan solder atau paku panas sebagai rongga udara dan jalan akar tanaman nantinya mencapai air nutrisi.

Isi bagian bawah botol dengan air nutrisi hidroponik lalu basahi sedikit media tanam lalu masukan bibit tanaman kedalam media tanam dan pastikan sudah memasang sumbu pada bagian bawahnya.

Rawatlah tanaman hingga tumbuh besar hingga siap panen baik itu buah maupun sayur. Pesiksa tinggi air setiap minggu dan jika berkurang segera tambah dengan air nutrisi hingga batas yang sudah kita tentukan.

Selamat mencoba cara mudah menanam tanaman secara hidroponik dan salam sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Terbaru Terhangat Terupdate

Diberdayakan oleh Blogger.