Semua informasi tentang teknologi, kesehatan dan berita terbaru.

Langkah-langkah Sebelum Menanam Tanaman Dengan Sistem Hidroponik

Langkah-langkah Sebelum Menanam Tanaman Dengan Sistem Hidroponik – Menanam tanaman dengan metode hidroponik bukan hanya sekedar tanam saja, alangkah lebih baik pelajari ilmunya terlebih dahulu baru praktek jangan sebaliknya.

Langkah-langkah Sebelum Menanam Tanaman Dengan Sistem Hidroponik

Makanya banyak yang gagal karena mereka praktek terlebih dahulu tanpa ilmu dan setelah gagal baru mau membaca.

Berikut ini saya akan share langkah yang harus diketahui sebelum menanam tanaman dengan sistem hidroponik :

Tentukan tanaman apa yang akan ditanam

Sangat penting untuk menentukan jenis tanaman yang akana di taman karena hal ini berkaitan dengan berbagai hal yang bersangkutan dengan sistem hidroponik. Sebagai contoh kita berencana menanam seledri, maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara penyemaian, nutrisinya, pencahayaan, oksigen, sistem hidroponik yang di pakai, dll.

Tentukan sistem hidroponik

Sistem hidroponik apa yang akan dipakai apakah sistem wick, sistem fertigasi, sistem NFT dan lain-lain. Biasanya untuk tanaman jenis sayuran banyak menggunakan sistem NFT, sedangkan tanaman yang berbuah biasa menggunakan sistem fertigasi. Pelajari juga PH dan ppm  air karena setiap tanaman berbeda-beda.

Tentukan lokasi

Kita harus menentukan lokasi yang pas untuk meletakkan tanaman kita di sekitar rumah apakah di pekarang rumah, di samping kanan rumah, di samping kiri, di belakang dan lain-lain. Hal ini sangat penting karena semua jenis tanaman membutuhkan sinar matahari paling sedikit 4 jam dan standarnya 6-8 jam.

Mengantisipasi hama dan gangguan pada tanaman

Tanaman yang kita letakan di sekitar rumah belum tentu aman seperti dari serangan tikus, ayam tetangga, dll. Apalagi hujan, sistem hidroponik ini tidak boleh kena hujan karena kandungan asam yang ada dalam air hujan ketika bercampur ke dalam tampungan air hidroponik akan membuat tanaman layu dan mati.

Demikian langkah-langkah yang harus di ketahui sebelum menanam tanaman dengan sistem hidroponik dan hal yang paling indah adalah ketika melihat tanaman kita tumbuh subur dan sehat disertai buah yang cantik memanjakan mata. Salam sukses dan selamat berkebun

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Terbaru Terhangat Terupdate

Diberdayakan oleh Blogger.